Pages

This is default featured slide 1 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 2 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 3 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 4 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 5 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

Selasa, 24 Juni 2014

RPP SEJARAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 1 Jepara
Mata Pelajaran          : Sejarah
Kelas / Semester        : X / 2
Topik                          : Perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Pertemuan Ke           : 1
Alokasi Waktu           : 2x45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1 menunjukan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu Budha Islam.
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang  proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
4.7 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mengidentifikasi teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan benar
2.    Mengidentifikasi bukti-bukti sejarah tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan cermat.
3.    Menyimpulkan asal agama dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar.
D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kajian sumber dan diskusi, peserta didik mampu menganalisis teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan benar.
2.    Melalui kajian sumber dan diskusi, peserta didik mampu mengidentifikasi bukti-bukti sejarah tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan cermat.
3.    Melalui kajian sumber dan diskusi, peserta didik mampu menyimpulkan asal agama dan budaya Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar.
E.  Materi Ajar
1.    Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam.

4.    Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran              : Scientific
Model Pembelajaran                       : Quantum
Metode Pembelajaran                     : kooperatif learning , Penugasan
5.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·  Guru memberikan salam
·  Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·  Menanyakan kehadiran siswa
·  Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·   Tanya jawab pemahaman materi peserta didik mengenai teori-teori masuk dan berkembangnya Islam.
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
10 menit
Inti
Mengamati :
·   Membaca buku, mengamati gambar atau peta mengenai jalur masuknya Islam ke Indonesia dan  teori-teori masuknya Islam di Indooesia.
Menanya :
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa antara lain :
·      Melalui peta Menanyakan dimana letak wilayah Indonesia, India (Gujarat), Persia, arab.
·      Menanyakan teori-teori tentang masuknya agama Islam ke Indonesia
·      Menanyakan sumber sejarah sebagai bukti masuknya agama Islam ke Indonesia
·      Menanyakan mengapa agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia
Mengasosiasi :
·      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·      Guru memberikan waktu kepada masing–masing kelompok untuk mempelajari dan saling bertukar pikiran menegenai peta konsep teori masuknya Islam.
·      Guru membimbing dan mengawasi jalannya diskusi di tiap–tiap kelompok.
·      Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka ke depan kelas.
Mengkomunikasikan :
·      Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
65 menit
Penutup
·      Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya.
·      Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja dilakukan.
·      Sebagai refleksi guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan
15 menit

6.    Alat dan Sumber Belajar
1.    Media :
a.    Power point
b.    LCD
c.    Lembar kerja siswa kelas X SMA / MA
d.   Gambar-gambar hasil kebudayaan Islam
2.    Sumber Belajar :
a.    Dr. H. Saifullah, SA. MA. 2010. Sejarah dan Kebudayaan Islam di Asia Tenggara. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
b.    Daliman. 2012. Islamisasi dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak
c.    Djoened Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
d.   Kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. 2013 Sejarah indonesia kelas x.
e.    Soekmono, R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogyakarta: Kanisius.
f.     Internet
7.    Penilaian proses dan hasil belajar
1.      Teknik                         : test dan non test
2.      Bentuk                                    : objektive dan unjuk kerja, portofolio
3.      Pedoman penilaian      : terlampir
4.      Tugas                           : mengerjakan laporan hasil diskusi kelompok






Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 Jepara



Dr. Nunuk Suryani
 

Jepara, 21 Juni 2014
Praktikan,



Hidayatul Fadhilla
(K4412032)

 

 


Lampiran





















Lampiran
Ringkasan Materi
Teori-Teori Masuknya Islam ke Indonesia
Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah, teori Gujarat, dan teori Persia.
1.    Teori Gujarat, Teori yang dipelopori oleh Snouck Hurgronje ini menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke Nusantara pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Kambay (Gujarat), India.
2.    Teori Persia, Teori ini dipelopori oleh P.A Husein Hidayat. Teori Persia ini menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh para pedagang dari Persia (sekarang Iran) karena adanya beberapa kesamaan antara kebudayaan masyarakat Islam Indonesia dengan Persia.
3.    Teori Mekkah, Teori ini adalah teori baru yang muncul untuk menyanggah bahwa Islam baru sampai di Indonesia pada abad ke-13 dan dibawa oleh orang Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke-7. Teori ini didasari oleh sebuah berita dari Cina yang menyatakan bahwa pada abad ke-7 sudah terdapat sebuah perkampungan muslim di pantai barat Sumatera. Sebuah batu nisan berhuruf Arab milik seorang wanita muslim bernama Fatimah Binti Maemun yang ditemukan di Sumatera Utara dan diperkirakan berasal dari abad ke-11 juga menjadi bukti bahwa agama Islam sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum abad ke-13.


Soal
Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling benar!

1.         Teori yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11 didasarkan pada peninggalan sejarah berupa ....
a.         makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik
b.         makam Sultan Malik ash Shaleh, di Sumatera Utara
c.         makam Maulana Malik lbrahim di Gresik
d.        komplek makam Tralaya di Trowulan, Mojokerto
e.         kompleks makam air mata di Madura
2.        Salah seorang dan Wali Songo yang paling sering menggunakan seni budaya sebagai media dalam berdakwa adalah ....
a.         Sunan Drajat
b.         Sunan Bonang
c.         Sunan Kalijaga
d.        Sunan Muria
e.         Sunan Gunung Jati
3.         Berdasarkan bukti sejarah yang berupa nisan kubur dan tata masyarakatnya maka golongan pembawa Islam ke Indonesia adalah para pedagang dari …
a.    Arab
b.    Persia
c.    Gujarat
d.    Cina
e.    Mesir
4.        Penduduk Indonesia yang mula-mula mengenal agama Islam adalah…
a.    masyarakat Indonesia yang tinggal di pedalaman
b.    masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pantai.
c.    para raja dan keluarga bangsawan
d.    masyarakat Indonesia yang belum beragama
e.    para wali atau mubaliqh
5.        Berita pertama adanya penyebaran Islam di Nusantara diperoleh pedagang Venetia yang bernama …
a.    Ma Huan
b.    Dante
c.    Marcopolo
d.    Jnanabadra
e.    Hui ning
6.        Para pedagang Islam dari Arab datang pertama kali ke Indonesia pada jaman berkuasanya kerajaan..
a.    Samudra Pasai
b.    Sriwijaya
c.    Majapahit
d.    Mataram
e.    Tarumanegara
7.        Berdasarkan teori baru Islam masuk ke Indonesia pada abad …. M
a.    6
b.    7
c.    8
d.    11
e.    13
8.        Yang tidak termasuk cara-cara penyebaran Islam di Indonesia adalah melalui ..
a.    penaklukkan
b.    perkawinan
c.    perdagangan
d.    pendidikan
e.    Dakwah
9.        Salah satu lembaga pendidikan yang pertama didirikan di pulau jawa adalah pesantren Ampel Denta yang didirikan oleh…
a.    Makdum Ibrahim
b.    Malik Ibrahim
c.    R. Paku
d.    Ja’far Shodiq
e.    R. Rahmat
10.    Wujud akulturasi dalam seni sastra yang berbentuk dongeng yang berpangkal dari peristiwa/tokoh sejarah di sebut dengan….
a.    Babad
b.    Hikayat
c.    Suluk
d.    Primbon
e.    Sya’ir

Kunci Jawaban
1.         A          6.         A
2.         B          7.         B
3.         C          8.         C
4          D          8.         D
5.         E          10.        E

Rubrik Penilaian
a.    Rubrik Penilaian Soal Pilihan Ganda:
10 butir x 1  = 10

b.   Rubrik Penilaian Diskusi
1.      Kelompok                   : ...
2.      Kelas/Semester            : XI/1




Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!
No
Kategori
Baik sekali
Baik
Sedang
Kurang
A.
KUALITAS




1.
Persiapan baik




2.
Organisasi jelas




3.
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta atau buku




4.
Informasi disampaikan dengan jelas




5.
Argumentasi




6.
Pernyataan (statement) bersifat persuasif




B.
ETIKA




1.
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional




2.
Saling mendengarkan dan merespon




3.
Tidak menghina (menyela pembicaraan)




4.
Tidak mendominasi pembicaraan




5.
Secara aktif ikut terlibat




C.
LAIN-LAIN




1.
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman




2.
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua pihak




Jumlah keseluruhan






Keterangan :
Aspek yang dinilai
Skor pernyataan positif
Kriteria:
A = Baik Sekali
4
> 45
B = Baik
3
30 – 44
C = Cukup
2
15 – 29
D = Kurang
1
< 14


0 komentar:

Posting Komentar