RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Jepara
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas
/ Semester : X / 2
Topik : Perkembangan
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1 menunjukan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra
aksara, Hindu Budha Islam.
3.7
Menganalisis berbagai teori
tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di
Indonesia.
4.7
Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk
tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan
Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa
kini.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi
teori-teori tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan benar
2. Mengidentifikasi
bukti-bukti sejarah tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan cermat.
3.
Menyimpulkan asal agama dan budaya
Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
kajian sumber dan diskusi, peserta didik mampu menganalisis teori-teori
tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan benar.
2. Melalui
kajian sumber dan diskusi, peserta didik mampu mengidentifikasi bukti-bukti sejarah
tentang masuknya Islam ke Indonesia dengan cermat.
3.
Melalui kajian
sumber dan diskusi, peserta didik mampu menyimpulkan asal agama dan budaya
Islam yang masuk ke Indonesia dengan benar.
E. Materi Ajar
1.
Teori-teori
masuk dan berkembangnya Islam.
4.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
Model Pembelajaran : Quantum
Metode Pembelajaran : kooperatif learning , Penugasan
5.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam
· Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan
kesiapan peserta didik dalam belajar)
· Menanyakan kehadiran siswa
· Mempersilakan
salah satu siswa memimpin doa
· Tanya jawab
pemahaman materi peserta didik mengenai teori-teori masuk
dan berkembangnya Islam.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta
didik
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati :
· Membaca buku,
mengamati gambar atau peta mengenai jalur masuknya
Islam ke Indonesia dan teori-teori
masuknya Islam di Indooesia.
Menanya :
Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa antara lain :
·
Melalui peta Menanyakan dimana
letak wilayah Indonesia, India (Gujarat), Persia, arab.
·
Menanyakan teori-teori tentang
masuknya agama Islam ke Indonesia
·
Menanyakan sumber sejarah sebagai
bukti masuknya agama Islam ke Indonesia
·
Menanyakan mengapa agama Islam
mudah diterima oleh masyarakat Indonesia
Mengasosiasi :
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·
Guru memberikan waktu kepada masing–masing kelompok untuk mempelajari
dan saling bertukar pikiran menegenai peta konsep teori masuknya Islam.
·
Guru membimbing dan mengawasi jalannya diskusi di tiap–tiap kelompok.
·
Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil
diskusi mereka ke depan kelas.
Mengkomunikasikan :
·
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
65
menit
|
Penutup
|
· Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang
kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya.
· Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara
acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja
dilakukan.
· Sebagai refleksi guru memfasilitasi peserta didik
untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
15
menit
|
6. Alat dan Sumber
Belajar
1. Media
:
a. Power
point
b. LCD
c. Lembar
kerja siswa kelas X SMA / MA
d. Gambar-gambar
hasil kebudayaan Islam
2. Sumber
Belajar :
a.
Dr. H.
Saifullah, SA. MA. 2010. Sejarah dan
Kebudayaan Islam di Asia Tenggara. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
b. Daliman. 2012. Islamisasi dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia.
Yogyakarta: Penerbit Ombak
c.
Djoened Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
d.
Kementerian pendidikan dan
kebudayaan republik Indonesia. 2013 Sejarah indonesia kelas x.
e.
Soekmono, R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2.
Yogyakarta: Kanisius.
f.
Internet
7. Penilaian proses dan hasil belajar
1.
Teknik : test dan non test
2.
Bentuk : objektive dan unjuk kerja,
portofolio
3.
Pedoman
penilaian : terlampir
4. Tugas
: mengerjakan
laporan hasil diskusi kelompok
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 Jepara
Dr.
Nunuk Suryani
|
|
|
Jepara, 21 Juni 2014
Praktikan,
Hidayatul Fadhilla
(K4412032)
|
|
|
Lampiran
Lampiran
Ringkasan
Materi
Teori-Teori Masuknya Islam ke
Indonesia
Menurut
beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi
yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara
pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda
pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba
menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah,
teori Gujarat, dan teori Persia.
1. Teori Gujarat, Teori yang dipelopori oleh Snouck Hurgronje ini
menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke Nusantara pada abad ke-13 Masehi
yang dibawa oleh para pedagang dari Kambay (Gujarat), India.
2. Teori Persia, Teori ini dipelopori oleh P.A Husein Hidayat. Teori
Persia ini menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh para pedagang dari Persia
(sekarang Iran) karena adanya beberapa kesamaan antara kebudayaan masyarakat
Islam Indonesia dengan Persia.
3. Teori Mekkah, Teori ini adalah teori baru yang muncul untuk
menyanggah bahwa Islam baru sampai di Indonesia pada abad ke-13 dan dibawa oleh
orang Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung
dari Mekkah (arab) sebagai pusat agama Islam sejak abad ke-7. Teori ini
didasari oleh sebuah berita dari Cina yang menyatakan bahwa pada abad ke-7
sudah terdapat sebuah perkampungan muslim di pantai barat Sumatera. Sebuah batu
nisan berhuruf Arab milik seorang wanita muslim bernama Fatimah Binti Maemun
yang ditemukan di Sumatera Utara dan diperkirakan berasal dari abad ke-11 juga
menjadi bukti bahwa agama Islam sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum abad
ke-13.
Soal
Pilihlah
salah satu jawaban yang Anda anggap paling benar!
1.
Teori yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia
pada abad ke-11 didasarkan pada peninggalan sejarah berupa ....
a.
makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik
b.
makam Sultan Malik ash Shaleh, di Sumatera Utara
c.
makam Maulana Malik lbrahim di Gresik
d.
komplek makam Tralaya di Trowulan, Mojokerto
e.
kompleks makam air mata di Madura
2.
Salah seorang dan Wali Songo yang paling sering
menggunakan seni budaya sebagai media dalam berdakwa adalah ....
a.
Sunan Drajat
b.
Sunan Bonang
c.
Sunan Kalijaga
d.
Sunan Muria
e.
Sunan Gunung Jati
3.
Berdasarkan bukti sejarah yang berupa nisan
kubur dan tata masyarakatnya maka golongan pembawa Islam ke Indonesia adalah
para pedagang dari …
a. Arab
b. Persia
c. Gujarat
d. Cina
e. Mesir
4.
Penduduk Indonesia yang mula-mula mengenal agama Islam
adalah…
a. masyarakat Indonesia yang tinggal di pedalaman
b. masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pantai.
c. para raja dan keluarga bangsawan
d. masyarakat Indonesia yang belum beragama
e. para wali atau mubaliqh
5.
Berita pertama adanya penyebaran Islam di Nusantara
diperoleh pedagang Venetia yang bernama …
a. Ma Huan
b. Dante
c. Marcopolo
d. Jnanabadra
e. Hui ning
6.
Para pedagang Islam dari Arab datang pertama kali ke
Indonesia pada jaman berkuasanya kerajaan..
a. Samudra Pasai
b. Sriwijaya
c. Majapahit
d. Mataram
e. Tarumanegara
7.
Berdasarkan teori baru Islam masuk ke Indonesia pada
abad …. M
a. 6
b. 7
c. 8
d. 11
e. 13
8.
Yang tidak termasuk cara-cara penyebaran Islam di
Indonesia adalah melalui ..
a. penaklukkan
b. perkawinan
c. perdagangan
d. pendidikan
e. Dakwah
9.
Salah satu lembaga pendidikan yang pertama didirikan
di pulau jawa adalah pesantren Ampel Denta yang didirikan oleh…
a. Makdum Ibrahim
b. Malik Ibrahim
c. R. Paku
d. Ja’far Shodiq
e. R. Rahmat
10. Wujud
akulturasi dalam seni sastra yang berbentuk dongeng yang berpangkal dari
peristiwa/tokoh sejarah di sebut dengan….
a. Babad
b. Hikayat
c. Suluk
d. Primbon
e. Sya’ir
Kunci
Jawaban
1.
A 6.
A
2.
B 7.
B
3.
C 8.
C
4
D 8.
D
5.
E 10.
E
Rubrik
Penilaian
a. Rubrik Penilaian
Soal Pilihan Ganda:
10 butir x 1 = 10
b.
Rubrik Penilaian Diskusi
1.
Kelompok : ...
2.
Kelas/Semester : XI/1
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda!
No
|
Kategori
|
Baik sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
A.
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1.
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3.
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta
atau buku
|
|
|
|
|
4.
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5.
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6.
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B.
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1.
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak
emosional
|
|
|
|
|
2.
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
4.
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
5.
|
Secara aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C.
|
LAIN-LAIN
|
|
|
|
|
1.
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2.
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan
bukti yang disampaikan kedua pihak
|
|
|
|
|
Jumlah
keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan :
Aspek
yang dinilai
|
Skor
pernyataan positif
|
Kriteria:
|
A = Baik Sekali
|
4
|
> 45
|
B = Baik
|
3
|
30 – 44
|
C = Cukup
|
2
|
15 – 29
|
D = Kurang
|
1
|
< 14
|
0 komentar:
Posting Komentar